Teori Big Bang | Berita Indonesia

Teori Big Bang

Teori Big Bang - Alam Semesta sangat luas dan tak ada seorangpun yang mengetahui secara pasti berapa luas alam semesta ini,orang orang dulu mengira Alam semesta ada dengan sendirinya dan akan tetap ada sampai kapanpun,pendapat ini sangat salah dengan ilmu pengetahuan modern saat ini.

teori big bangBanyak Teori yang berkembang tentang Alam Semesta,ada yang menyebutkan ada dengan sendirinya,ada yang menyebutkan terjadi karena ledakan dahysat dan berbagai Teori lainnya,namun saat ini yang paling banyak disepakati adalah teori big bang ,teori ini berdasarkan kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta.

Teori Big Bang menjadi Teori yang mendekati kebenaran berdasarkan Sains dan Teknologi,bahkan para ilmuwan menyepakati bersama bahwa Teori terbentuknya alam semesta yakni Teori Big Bang,berikut dibawah ini Teori Big Bang tahap demi tahap terbentuknya alam semesta :

Teori Big Bang

1.Segera setelah terjadi dentuman besar, alam semesta mengembang dengan cepat hingga menjadi kira-kira 2000 kali matahari.
2.Sebelum berusia satu detik, semua partikel hadir dalam keseimbangan. satu detik setelah dentuman, alam semesta membentuk partikel-partikel dasar yaitu elektron, proton, neutron dan neutrino pada suhu 10 milyar kelvin.
3. kira-kira 500 ribu tahun telah terjadi ledakan, lambat laun alam semesta menjadi dingin hingga mencapai suhu 3000 K. partikel-partikel dasar membentuk benih kehidupan alam semesta.
4. gas hidrogen dan helium membentuk kelompok-kelompok gas rapat yang tak teratur. dalam kelompok-kelompok tersebut mulai terbentuk protogalaksi.
5. antara satu dan dua miliar tahun setelah terjadinya dentuman besar, protogalaksi melahirkan bintang-bintang yang lambat laun berkembang menjadi raksasa merah dan supernova yang merupakan bahan baku kelahiran bintang-bintang baru dalam galaksi.
6. satu diantara miliaran galaksi yang terbentuk adalah galaksi bimasakti yang didalamnya adalah tata surya kita dengan matahari sebagai bintang yang terdekat dengan bumi.

Menurut Teori Big Bang, Bumi ini sudah berusia kira-kira 13,7 Miliyar tahun. Pada awal terbentuknya alam semesta telah terjadi sebuah fenomena yang dinamai Big Bang (Ledakan Besar). Jadi, menurut Big Bang Theory yang diusulkan oleh Georges Lemaitre.

Alam Semesta beserta seluruh isinya termasuk ruang dan waktu tercipta akibat ledakan yang sangat besar,sama seperti apa yang dikatakan dalam kitab suci Al Quran mengenai Terbentuknya Alam Semesta :

"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (QS Al-Anbiya' : 30)

Menurut Ilmu Fisika Modern atau sains saat ini setelah meledaknya alam semesta pada satu titik nol,kemudian terus menerus mengembang dengan kecepatan sangat tinggi dan membentuk bagian bagian alam semesta,hal inipun telah telah ada dalam kitab suci umat Islam Alquran tentang mengembangnya alam semesta :

"Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya." (Az-Zariyat 51).

Dan sesudah itu, kurang lebih jutaan tahun berikutnya, Alam Semesta akan terus mengembang tanpa kejadian-kejadian lain apapun. Alam Semesta secara keseluruhan akan terus mengembang dan mendingin. Alam Semesta berkembang, dengan laju 5%-10% per seribu juta tahun.

Alam Semesta akan mengembang terus,namun dengan kelajuan yang semakin kecil,dan semakin kecil, meskipun tidak benar-benar mencapai nol. Walaupun andaikata Alam Semesta berkontraksi, ini tidak akan terjadi setidaknya untuk beberapa milyar tahun lagi.

Alquran yang sudah ada sejak 14 abad yang lalu dan sampai saat ini masih orisinil atau asli menjelaskan dengan detail mengenai asal usul Alam Semesta dan pengembangannya ,dan menjadi salah satu bukti kebenaran dan petunjuk bagi Manusia dan seluruh alam.(Wallahu A'lam)/dikutip dari berbagai sumber.


Category Article