Arti Lambang Koperasi | Berita Indonesia

Arti Lambang Koperasi

Arti Lambang Koperasi - Koperasi sekarang banyak ditemui di Indonesia,dan semakin hari semakin bertambah banyak,karena organisasi bisnis yang dilakukan oleh seorang demi seorang ini mengusung prinsip gerakan ekonomi rakyat bersama yang berlandaskan atas asa kekeluargaan.

Arti Lambang KoperasiDi Indonesia koperasi banyak ditemui di sekolahan sekolahan ,prinsip koperasi sendiri adalah mempunyai Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka,Pengelolaan dilakukan secara demokrasi ,Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota dan masih ada lagi yang lainnya.

Koperasi di Indonesia, menurut UU tahun 1992, didefinisikan sebagai badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Di dalam Koperasi terdapat lambang seperti pohon beringin yang membawa timbangan,mungkin ada diantara kita belum mengetahui apa makna dibalik lambang itu,Arti Lambang Koperasi sebenarnya bisa sobat pengunjung blog Berita Indonesia baca dibawah ini :

 Arti Lambang Koperasi

1. Roda Bergigi menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Hanya orang yang pekerja keras yang bisa menjadi calon Anggota dengan memenuhi beberapa persyaratannya.

2. Rantai (di sebelah kiri): melambangkan ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kokoh. Bahwa Anggota sebuah Koperasi adalah Pemilik Koperasi tersebut, maka semua Anggota menjadi bersahabat, bersatu dalam kekeluargaan, dan yang mengikat sesama Anggota adalah hukum yang dirancang sebagai Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasi. Dengan bersama-sama bersepakat mentaati AD/ART, maka Padi dan Kapas akan mudah diperoleh.

3. Kapas dan Padi (di sebelah kanan): menggambarkan kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Kapas sebagai bahan dasar sandang (pakaian), dan Padi sebagai bahan dasar pangan (makanan). Mayoritas sudah disebut makmur-sejahtera jika cukup sandang dan pangan.

4. Timbangan berarti keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. Biasanya menjadi simbol hukum. Semua Anggota koperasi harus adil dan seimbang antara “Rantai” dan “Padi-Kapas”, antara “Kewajiban” dan “Hak”. Dan yang menyeimbangkan itu adalah Bintang dalam Perisai.

5. Bintang dalam perisai yang dimaksud adalah Pancasila, merupakan landasan ideal koperasi. Bahwa Anggota Koperasi yang baik adalah yang mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan, yang mendengarkan suara hatinya. Perisai bisa berarti “tubuh”, dan Bintang bisa diartikan “Hati”.

6. Pohon beringin sebagai simbol kehidupan, sebagaimana pohon dalam Gunungan wayang yang dirancang oleh Sunan Kalijaga. Dahan pohon disebut kayu (dari bahasa Arab “Hayyu”/kehidupan). Timbangan dan Bintang dalam Perisai menjadi nilai hidup yang harus dijunjung tinggi

7. Koperasi Indonesia menandakan bahwa Koperasi yang dimaksud adalah koperasi rakyat Indonesia, bukan Koperasi negara lain. Tata-kelola dan tata-kuasa perkoperasian di luar negeri juga baik, namun sebagai Bangsa Indonesia harus punya tata-nilai sendiri

8. Warna merah dan putih yang menjadi bacground logo menggambarkan sifat nasional Indonesia.

Nah itulah beberapa Arti Lambang Koperasi yang mempunyai 8 arti tersendiri pada setiap gambarnya,buat sobat sekalian yang belum mengerti,sekarang sudah lebih tahu jika lambang koperasi ternyata mempunyai arti seperti diatas.baca juga Manusia Purba di Indonesia jenis jenis dan informasi lainnya.


Category Article